5 Desain Perangkat Lunak Terbaru Tahun 2020

Suka atau tidak, 2020 sudah dekat dan, dengan itu, banyak teknologi, tren dan pendekatan baru datang ke dunia pengembangan perangkat lunak. Mengingat kecepatan di mana beberapa dari mereka meningkat sekarang, sangat mungkin bahwa 2020 akan menjadi tahun beberapa tren ini meledak dan menjadi standar. Kamu dapat melihat contoh perangkat lunak terbaik di tahun 2020 yang digunakan oleh situs Userbola.

Dari meningkatnya dominasi kecerdasan buatan dan keberadaan Internet of Things di mana-mana hingga sifat layanan outsourcing yang berubah, ada banyak harapan di sekitar apa yang akan dihasilkan 2020. Jadi, mari kita lihat 5 tren yang sebagian besar dari kita percaya akan mendominasi tahun depan di masyarakat kita yang semakin digital.

1 – Dominasi Kecerdasan Buatan (AI)

Perangkat lunak berbasis AI bukan hal baru, tetapi kecepatan sangat tinggi di mana ia diadopsi di seluruh industri akan membuatnya memperkuat posisinya pada tahun 2020. Menurut perkiraan baru-baru ini, pertumbuhan pasar perangkat lunak AI pada tingkat dunia akan tetap kecepatan luar biasa tahun depan. Dengan demikian, pasar perangkat lunak global AI diperkirakan akan tumbuh 154% ke ukuran luar biasa $ 14,7 miliar.

Pertumbuhan seperti itu persis sama diprediksi untuk akhir 2019 dan yang sama diharapkan untuk 2021. Angka-angka itu datang untuk menunjukkan bahwa AI bukan hanya tren lagi-itu menjadi kekuatan dominan di dunia teknologi saat ini.

Dari obrolan di mana-mana yang sekarang melayani jutaan situs web dari seluruh dunia hingga solusi analitik preskriptif yang mampu menyarankan solusi untuk masalah bisnis berdasarkan sejumlah besar data, AI (dan pembelajaran mesin, salah satu cabangnya yang paling terkenal) akan ditampilkan di seluruh semakin banyak produk di sebagian besar industri.

2 – Lebih banyak permintaan untuk Internet of Things (IoT)

IoT adalah salah satu hal yang selalu dilihat kebanyakan orang sebagai sesuatu dari masa depan yang jauh. Namun, perangkat yang dapat dihubungkan ke Internet (dan bahkan di antara mereka sendiri) sekarang menjadi hal yang biasa. Itu terutama berlaku untuk perangkat rumah, seperti lemari es pintar, asisten pintar, termostat pintar dan lebih banyak gadget yang dirancang untuk membawa kenyamanan kita ke tingkat berikutnya.

Basis total terpasang perangkat yang terhubung IoT akan melakukan lompatan besar pada tahun 2020, menuju peningkatan lima kali lipat dari 2015 yang akan membawa jumlah total menjadi 75,44 miliar perangkat di seluruh dunia pada tahun 2025. Dengan kata lain, ini akan menarik minat perangkat ini secara maksimal yang, pada gilirannya, akan meningkatkan permintaan untuk perangkat lunak IoT.

Ketika itu terjadi, semakin banyak pengembang dan perusahaan perangkat lunak outsourcing akan mengkhususkan diri dalam semua hal IoT, dengan fokus pada keterampilan seperti komputasi awan, otomatisasi, dan analisis data yang mendapat sorotan.

3 – 5G tersedia untuk wilayah yang lebih luas

Salah satu kemajuan teknologi yang paling dinanti-nantikan dalam dekade terakhir akhirnya bisa tersedia untuk masyarakat umum pada tahun 2020. Meskipun hadir di kota-kota dan daerah terpilih sekarang, semuanya menunjuk ke tahun depan sebagai tahun di mana 5G akhirnya akan membawa 20 Gbps konektivitas nirkabel berkecepatan tinggi, latensi lebih rendah, dan ketersediaan bandwidth lebih besar. 5G pasti akan merevolusi perangkat yang kami gunakan setiap hari, dengan smartphone di bagian paling atas.

Namun, 5G lebih dari sekadar peningkatan kecepatan untuk penelusuran seluler kami. Karakteristik yang ditingkatkan akan menghilangkan batasan tertentu yang ada dalam 4G. Dengan demikian, pengembang akan dapat membuat aplikasi yang lebih kuat, dengan fungsionalitas baru, terutama yang mengelilingi video dan augmented reality. Teknologi ini juga akan berarti peningkatan signifikan dalam keamanan dan ketepatan data untuk aplikasi berbasis gerakan.

Akhirnya, 5G akan berperan untuk kemajuan IOT. Itu karena kendaraan tanpa pengemudi, sistem lalu lintas, dan semua jenis perangkat pintar yang akan memberi daya pada apa yang disebut kota pintar akan bergantung pada kekuatan pemrosesan 5G dan mengurangi latensi untuk kinerja yang optimal.

4 – Alih daya untuk ekonomi pengalaman

Gagasan bahwa kita, sebagai masyarakat, menghargai pengalaman atas hal-hal materi menjadi semakin jelas setiap tahun. Mengapa 2020 berbeda? Nah, ada alasan besar mengapa perlu untuk melihat pengalaman ekonomi selama tahun depan. Itu karena laporan memperkirakan bahwa 2020 akan menjadi tahun di mana pengalaman pelanggan akan menyalip harga dan produk sebagai pembeda merek utama.

Itu adalah perubahan besar karena pengalaman akan menjadi tujuan utama untuk semua industri, terutama untuk industri perangkat lunak. Ekonomi pengalaman pasti akan membuka jalur baru untuk inovasi dan peluang pasar, sehingga tidak mengherankan bahwa seluruh dunia pengembangan perangkat lunak akan berubah untuk mengatasinya. Perubahan terbesar dari mereka semua? Anda dapat menemukannya di bidang pengembangan outsourcing.

Terlepas dari model outsourcing perangkat lunak yang mereka gunakan, penyedia outsourcing sudah merangkul keterampilan baru untuk melayani permintaan itu. Dengan demikian, ada tim yang berdedikasi untuk pengalaman pengguna dan desain layanan dan industri outsourcing keseluruhan mengambil pendekatan yang lebih end-user-centric untuk pekerjaan yang mereka buat. Tren ini hanya akan lebih ditandai pada tahun 2020, karena semakin banyak perusahaan mencari bantuan untuk menciptakan produk untuk ekonomi pengalaman.

5 – Aplikasi Web Progresif (PWA) sebagai standar baru

Semuanya menunjuk ke tahun 2020 sebagai tahun di mana kami akhirnya mulai mengucapkan selamat tinggal pada situs seluler yang mendukung aplikasi web progresif (PWA). Ini adalah jenis situs web yang terasa seperti aplikasi seluler asli meskipun berjalan di browser. Ini seperti kombinasi yang terbaik dari kedua dunia – dan perusahaan mulai menyadarinya.

Jadi, alih-alih mengembangkan versi seluler situs web mereka (atau menghabiskan waktu dan menghasilkan uang aplikasi seluler yang memiliki peluang tinggi untuk tidak pernah digunakan), PWA muncul sebagai solusi sempurna untuk bisnis dan pengunjung. Di satu sisi, bisnis dapat mengembangkan PWA lebih cepat dan mendapatkan manfaat yang sama dengan yang mereka dapatkan dari aplikasi. Di sisi lain, pengunjung dapat berinteraksi dengan lingkungan seperti aplikasi yang memuat lebih cepat dan seaman mungkin.

Dengan contoh-contoh PWA yang sudah ada yang menyediakan peningkatan dalam sesi per pengguna, pembacaan selesai, dan keterlibatan secara keseluruhan, wajar jika lebih banyak perusahaan akan ikut serta, dengan tahun depan sebagai konteks yang sempurna untuk melakukannya.

Singkatnya semuanya

Singkatnya semuanya
Mengingat kecepatan di mana teknologi dan tren meningkat saat ini, wajar saja jika 2020 menjadi lebih dari sekadar 5 tren ini. Namun, ini pasti akan menjadi bintang untuk tahun depan, karena mereka bukan hanya teknologi yang menjanjikan tetapi alat yang sudah menemukan tempat mereka di dunia modern.

Sebagian besar dari mereka sudah ada di antara kita, tetapi mereka masih memiliki ruang untuk tumbuh. Apa yang menghubungkan mereka bersama-sama adalah bahwa mereka akan menentukan masa depan pengembangan perangkat lunak untuk tahun 2020 dan seterusnya. Itu karena tim pengembangan perangkat lunak harus belajar cara menangani teknologi ini dan menemani peningkatan mereka ke standar industri.